081215164242
081215164242
081215164242
REQ ADMIN

Cara Merawat Diri Sendiri Setelah Aborsi

Tuesday, February 7th 2017. | Artikel

Tindakan aborsi adalah keputusan besar sehingga wajar jika perempuan memiliki beban emosional yang cukup tinggi pasca aborsi. Biar bagaimanapun melewati proses aborsi yang berisiko bukan hal yang mudah, jadi cukup beralasan ketika aborsi selesai perempuan masih merasakan tekanan psikologis yang cukup kuat.

Banyak hal yang mungkin terjadi setelah aborsi, tidak hanya risiko rasa nyeri dan perdarahan namun tekanan psikologis yang kuat membuat wanita membutuhkan cara merawat diri sendiri setelah aborsi. Hal ini penting agar perempuan cepat pulih ke kondisi normal tanpa menyisakan trauma setelah melakukan aborsi.

Minum Obat Pereda Nyeri untuk Mengurangi Kram Perut

Pasca aborsi perut masih nyeri adalah kondisi yang biasa meskipun nyeri yang dirasakan berbeda-beda tingkat keparahannya. Untuk meredakan nyeri atau kram perut gunakan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau obat pereda nyeri lainnya. Untuk meredakan nyeri sekaligus mengurangi ketegangan otot rahim bisa menggunakan jenis obat antispasmodic seperti cyclopam atau buscopan.

Cara Merawat Diri Sendiri Setelah Aborsi

Cara Merawat Diri Sendiri Setelah Aborsi

Semestinya kram perut pasca aborsi bisa mereda secara alami, namun jika nyeri semakin berat meski telah minum obat sebaiknya segera mencari pertolongan medis. Abaikan cara merawat diri sendiri setelah aborsi karena nyeri parah disertai perdarahan hanya bisa diatasi oleh ahli medis. Dalam kondisi seperti ini kemungkinan masih ada jaringan yang tertinggal dalam rahim dan hanya dokter yang tahu cara membersihkan rahim setelah aborsi.

Selama 5 hari pasca aborsi sebaiknya Anda memeriksa suhu tubuh secara rutin. Suhu di atas 37,6 derajat Celsius wajib diwaspadai karena suhu yang tinggi kemungkinan adalah tanda-tanda terjadi infeksi dalam rahim.

Gunakan Kompres Panas dan Dingin

Kompres panas dan dingin cukup efektif untuk mengurangi nyeri di perut, sakit kepala, dan nyeri punggung. Gunakan kompres panas dan dingin secara bergantian. Lebih jelasnya, kompres panas berfungsi untuk menenangkan otot sementara kompres dingin untuk meredakan nyeri.

Untuk mengatasi nyeri setelah aborsi Anda bisa membeli kantong kompres panas dan dingin atau membuatnya sendiri menggunakan wash-lap dengan cara merendamnya dalam air panas dan dingin. Untuk kompres panas Anda juga bisa menggunakan botol berisi air panas. Kompres panas ditempelkan ke bagian tubuh yang nyeri kurang lebih 20 menit lalu diganti kompres dingin, lakukan terus menerus secara bergantian.

Hindari Hubungan Seksual Setelah Aborsi

Setelah aborsi biasanya pintu rahim sedikit terbuka dan sangat rentan mengalami infeksi jika dipaksakan berhubungan seks. Untuk mencegah infeksi sebaiknya Anda tidak melakukan hubungan seksual minimal 1 bulan. Cara ini juga untuk memberi kesempatan otot organ vital untuk memulihkan diri.

Setelah melakukan aborsi disarankan Anda menggunakan alat kontrasepsi terutama jika aktivitas seksual Anda normal kembali. Mengapa harus menggunakan alat kontrasepsi? Alat kontrasepsi merupakan hak kesehatan setiap perempuan dan memang harus digunakan untuk mengurangi resiko kehamilan, terutama Anda yang tidak menghendaki kehamilan dalam waktu dekat.

Diet sehat untuk Memulihkan Tubuh

Anda harus jadi pribadi yang mandiri dengan cara merawat diri sendiri setelah aborsi. Lakukan diet sehat agar tubuh Anda kembali pulih seperti sedia kala. Makanan yang sehat mengandung banyak nutrisi sehingga tubuh Anda kembali berenergi. Sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan kadar protein, serat, lemak, dan karbohidrat dengan perbandingan seimbang sesuai anjuran diet sehat. Jangan lupa perbanyak minum air putih setidaknya 8 gelas perhari.

Incoming search terms:

  • cara perawatan setelah aborsi
  • cara kompres diri sendiri
  • perawatan setelah aborsi agar tubuh kembali sehat
  • suhu tubuh panas setelah menggugurkan kandungan
tags: ,

Artikel lain Cara Merawat Diri Sendiri Setelah Aborsi