081215164242
081215164242
081215164242
REQ ADMIN

Gejala Komplikasi Aborsi yang Harus Anda Ketahui

Friday, December 9th 2016. | Artikel

Aborsi memang bagian dari intervensi kesehatan yang lebih aman untuk kesehatan perempuan. Namun meski begitu aborsi sarat dengan resiko. Minimnya informasi yang relevan terkait proses aborsi yang tepat kadang membuat perempuan dilanda kecemasan pasca aborsi. Selain kegagalan aborsi, faktor yang melatarbelakangi kecemasan tersebut adalah kemungkinan adanya komplikasi atau infeksi yang mempengaruhi kesehatan jangka panjang. Untuk proses aborsi yang legal, perempuan akan masuk fase follow up atau masa observasi. Begitu juga pasca aborsi menggunakan cytotec atau obat penggugur kandungan jenis Misoprostol lainnya. Dalam masa observasi tersebut konselor atau dokter akan melakukan identifikasi terkait tanda-tanda klinis maupun non-klinis.

Gejala komplikasi aborsi

Gejala komplikasi aborsi

Hanya saja tanpa harus melibatkan konselor atau dokter sebenarnya perempuan bisa mengidentifikasi tanda-tanda tersebut secara mandiri, termasuk tanda tanda aborsi sukses ataukah gagal. Tentunya butuh pengetahuan khusus untuk mengetahui tanda-tanda klinis dan non-klinis terkait hasil aborsi yang dilakukan.

Tanda-tanda Komplikasi Pasca Aborsi

Bisa saja perempuan memutuskan untuk melakukan aborsi namun kadang bingung setelah aborsi apa yang harus dilakukan. Bahkan kekhawatiran mengenai komplikasi setelah aborsi acapkali membuat prempuan stress bahkan depresi. Sebenarnya seperti apa gejala komplikasi aborsi yang harus diketahui perempuan pasca tindakan aborsi?
Gejala komplikasi aborsi terdeteksi jika perempuan mengalami perdarahan kategori berat, lebih dari 3 jam terus-menerus, darah mengalir layaknya semburan air keran dan butuh lebih dari 2 pembalut dalam 1 jam. Tanda-tanda komplikasi kemungkinan juga terjadi bila perempuan pusing, tubuh terasa ringan, kehilangan banyak darah yang membahayakan kesehatan. Namun kasus komplikasi aborsi ini sangat jarang terjadi dan kemungkinannya kurang dari 1%.

Resiko komplikasi kemungkinan juga ditandai nyeri berat dan berlangsung lama setelah mengonsumsi obat aborsi. Gejala jangka panjang, perempuan mengalami keputihan disertai bau menyengat. Kemungkinan lainnya, perempuan akan mengalami demam diatas suhu 38 derajat Celsius dan berlangsung lebih dari 24 jam.

Cara Mengatasi Gejala Komplikasi Aborsi

Jika mengalami tanda-tanda atau gejala komplikasi aborsi seperti tersebut diatas sebaiknya segera pergi ke dokter. Tidak perlu mengakui pada petugas medis bahwa Anda pernah atau baru saja melakukan aborsi. Katakan Anda baru saja mengalami keguguran alami. Tidak perlu cemas karena tidak ada tindakan atau tes yang bisa membuktikan telah terjadi tindakan aborsi. Kondisi demam diatas 38 derajat Celsius atau terjadi keputihan yang tidak normal adalah waktu yang tepat untuk pergi ke dokter karena kondisi tersebut merupakan gejala infeksi. Jika bisa dideteksi sejak dini gejala infeksi ini dapat disembuhkan dengan doxycyline atau jenis obat anti-biotik lainnya. Intinya demi kesehatan dan keselamatan jangan ragu memeriksakan diri ke dokter jika mengalami gejala komplikasi aborsi.

Sejatinya infeksi disaluran rahim merupakan komplikasi yang paling umum terjadi pasca aborsi. Ini hal biasa yang tidak perlu dicemaskan berlebihan. Namun untuk meminimalkan resiko komplikasi tersebut ada beberapa hal yang perlu dihindari atau tidak boleh dilakukan. Setelah melakukan aborsi sebaiknya jangan memasukkan benda atau apapun ke organ vital. Artinya organ vital harus benar-benar ‘aman’ selama minimal 2 minggu setelah aborsi. Disarankan juga tidak melakukan hubungan intim atau apapun yang berkaitan dengan aktivitas seksual paling tidak 5 hari pertama setelah tindakan aborsi dilakukan.

Untuk menghindari gejala komplikasi aborsi tidak direkomendasikan menggunakan tampon (douche) untuk 2 minggu. Satu lagi, tidak perlu menggunakan wangi-wangian seperti parfum, gelembung atau minyak wangi dalam air sewaktu mandi.

Incoming search terms:

  • apa yang harus dilakukan setelah menggugurkan kandungan
  • kompilasi aborsi
  • (komplikasi aborsi
  • tanda2 komplikasi menggugurkan janin
  • tanda tanda kompilasi gugurkan kandungan
  • setelah aborsi apa yang harus dilakukan
  • konplikasi aborsi
  • komplikasi akibat aborsi
  • apa yang anda ketahui tentang tanda tanda infeksi
  • yang harus diketahui wanita abortus
tags: , , ,

Artikel lain Gejala Komplikasi Aborsi yang Harus Anda Ketahui