081215164242
081215164242
081215164242
REQ ADMIN

Pahami Akibat Aborsi Tidak Aman dan Prosedur yang Salah

Thursday, December 8th 2016. | Artikel

Dampak atau akibat aborsi tidak aman hanya terjadi jika pengguguran kandungan dilakukan di klinik ilegal. Sebaliknya jika aborsi dilakukan di klinik yang legal maka Anda akan melalui serangkaian tindakan medis untuk memenuhi standar medis. Tindakan yang dimaksud berupa pembiusan untuk mengurangi rasa sakit sehingga tidak terjadi traumatik.

Dampak aborsi melalui proses legal juga sangat minim karena pasca aborsi kesehatan Anda tetap dipantau sehingga kemungkinan infeksi atau pendarahan hebat bisa diminimalkan. Pasca aborsi biasanya akan diberikan suntikan atau obat antibiotik untuk mengurangi infeksi sekaligus multivitamin penambah darah, akibat perdarahan yang terjadi saat proses aborsi. Lantas apa dampak jika aborsi dilakukan dengan tidak aman?

Dampak Aborsi Tidak Aman di Klinik Ilegal

Berbanding terbalik dengan gambaran proses aborsi legal diatas, saat melakukan aborsi di klinik ilegal Anda hanya bisa datang satu kali. Saat prosedur aborsi selesai biasanya Anda akan diminta pulang atau maksimal menginap satu malam. Bahkan kadang tindakan aborsi dilakukan di kamar hotel. Pada kasus yang lebih parah kadang aborsi dilakukan tanpa pembiusan atau suntikan penghilang rasa sakit. Dengan demikian tidak ada jaminan keamanan dimana resiko aborsi 1 bulan, 2 bulan atau 3 bulan tetap sama.

Pahami Akibat Aborsi Tidak Aman dan Prosedur yang Salah

Pahami Akibat Aborsi Tidak Aman dan Prosedur yang Salah

Akibat aborsi tidak aman sangat berbahaya untuk kesehatan. aborsi ini biasanya dilakukan oleh orang yang tidak paham prosedur aborsi. Bahkan ada yang menggunakan cara ekstrim seperti memijat rahim agar janin keluar atau rahim dimasuki benda-benda tajam yang tidak steril. Cara ini sangat tidak aman bahkan berpotensi menimbulkan infeksi rahim, perdarahan hebat bahkan rahim menjadi rusak.

Harus diketahui, rahim yang berisi janin akan dipenuhi pembuluh darah. Pembuluh darah inilah yang mendistribusikan nutrisi bagi calon bayi. Jika jaringan pembuluh darah rusak maka perdarahan hebat akan susah dihentikan. Ini akan berisiko kematian pada si ibu. Sisa-sisa darah di rahim bisa dimenimbulkan infeksi sehingga memicu munculnya sel-sel baru berupa sel kanker dan lain-lainnya.

Dampak Aborsi dengan Obat yang Tidak Tepat

Seperti aborsi di klinik ilegal, aborsi menggunakan obat yang tidak tepat bisa memunculkan resiko yang sama. Akibat aborsi tidak aman dengan obat juga berisiko menyebabkan kegagalan aborsi. Dengan kata lain setelah mengonsumsi obat aborsi perdarahan memang terjadi namun kehamilan bisa jadi terus berlangsung.

Check up selepas aborsi sangat penting dilakukan untuk mengetahui secara pasti bahwa aborsi benar-benar sudah komplit dan kondisi kesehatan sudah kembali normal. Check up yang dimaksud biasanya melalui tes USG karena hasilnya lebih akurat. Akibat aborsi dengan obat yang tidak tepat umumnya membuat rahim tidak bersih. Dengan tes USG perempuan bisa mengetahui kondisi rahim, untuk memastikan apakah rahim sudah bersih atau masih ada sisa-sisa jaringan darah maupun embrio.

Yang harus jadi catatan, tidak adanya tindakan lebih lanjut pasca aborsi sangat berbahaya bagi kesehatan perempuan di masa yang akan datang. Bahkan ada beberapa kasus dimana aborsi sering berakhir dengan kematian akibat perdarahan hebat. Pada beberapa perempuan, kelainan atau kesalahan terkait prosedur aborsi dampaknya tidak bisa terlihat secara langsung.

Munculnya traumatik atau infeksi bisa saja muncul beberapa bulan atau beberapa tahun kemudian. Jadi melakukan tes USG adalah opsi yang bijak untuk memastikan aborsi benar-benar komplit dan rahim benar-benar sudah bersih.
Disini dapat disimpulkan akibat aborsi tidak aman bisa mengganggu kesehatan bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk aborsi medical yang aman, banyak perempuan yang lebih suka menggunakan jenis obat Misoprostol. Jenis obat ini semakin populer di dunia karena memiliki tingkat keberhasilan hingga 98% namun harganya sangat terjangkau.

Incoming search terms:

  • akibat aborsi dengan obat
  • aborsi yang aman
  • apakah aman proses aborsi dg suntikn
  • jika harus kurek kapan sebaliknya dilakukan
  • kasus kematian akibat aborsi
tags: , , , ,

Artikel lain Pahami Akibat Aborsi Tidak Aman dan Prosedur yang Salah