081215164242
081215164242
081215164242
REQ ADMIN

Persiapan Sebelum Aborsi

Sunday, December 18th 2016. | Artikel

Sepertinya tidak ada perempuan yang ingin melakukan aborsi. Hanya karena alasan-alasan khusus mungkin yang melatarbelakangi tindakan tersebut harus diambil. Banyak faktor penyebab mengapa sebuah kehamilan tidak dikehendaki. Namun keputusan melakukan aborsi kadang menyisakan kecemasan. Seberapa besar resiko komplikasi atau setelah aborsi apa bisa hamil lagi dan lain-lainnya adalah pertanyaan-pertanyaan relevan mereka yang ingin melakukan aborsi.

Persiapan Sebelum Aborsi

Persiapan Sebelum Aborsi

Ada persiapan sebelum aborsi yang harus diperhatikan oleh perempuan yang ingin melakukan aborsi dengan cytotec atau jenis obat Misoprostol. Persiapan yang dimaksud terdiri dari 4 prinsip yaitu Positive, Plan, Preparation dan Perform. Apa yang dimaksud 4 persiapan tersebut?

  • Prinsip Positive

Ini artinya Anda harus mengonfirmasi bahwa Anda benar-benar positif hamil. Untuk mengetahuinya Anda bisa menggunakan test pack atau jika ingin hasil yang akurat bisa melalui tes USG. Disamping itu harus dipastikan pula usia kehamilan tidak lebih dari 12 minggu. Aborsi usia kehamilan diatas 12 bulan sangat berisiko dan butuh pengawasan ahli medis.

Positive dalam hal ini juga bermakna bahwa Anda sudah yakin dengan keputusan yang Anda ambil. Pure keputusan Anda sendiri tanpa intervensi pacar, pasangan atau keluarga. Ini tubuh Anda dan hanya Anda sendiri yang memiliki kuasa mutlak atas tubuh Anda tersebut.

  • Prinsip Plan

Plan disini berarti rencana yang masuk dalam persiapan sebelum aborsi. Anda harus mempunyai rencana matang terkait tindakan aborsi yang ingin Anda lakukan, dimana dan kapan waktu yang tepat untuk aborsi, termasuk apa yang akan Anda lakukan jika dampak aborsi yang paling buruk terjadi pada Anda.

Aborsi menggunakan obat cytotec sebenarnya bisa dilakukan di rumah. Luangkan waktu satu atau dua hari untuk proses aborsi dan istirahat yang cukup sesudahnya. Pastikan rumah dalam kondisi sepi dan tidak ada tamu yang datang.

Dalam perencanaan ini Anda juga harus memutuskan siapa orang yang akan mendampingi Anda. Ingat selama proses aborsi Anda tidak boleh sendirian. Harus ada satu orang yang benar-benar Anda percaya dan pastikan ia adalah tipe orang yang tidak mudah panik.

Perencanaan yang tak kalah penting, Anda juga harus menentukan pilihan rumah sakit paling dekat dan mudah diakses seandainya terjadi situasi buruk pasca aborsi menggunakan cytotec atau obat aborsi lainnya. Pastikan sarana transportasi dan infrastuktur cukup mendukung untuk akses ke rumah sakit.

  • Prinsip Preparation

Preparation adalah persiapan sebelum aborsi yang wajib Anda pertimbangkan. Intinya ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum tindakan aborsi. Siapkan obat-obatan yang direkomendasikan pasca penggunaan obat Misoprostol. Obat-obatan yang dimaksud seperti obat pereda nyeri atau obat antibiotik. Untuk obat pereda nyeri disarankan menggunakan paracetamol atau ibuprofen. Untuk antisipasi perdarahan siapkan pembalut ukuran reguler dalam jumlah yang cukup.

Selain rasa nyeri kondisi mual bahkan muntah adalah reaksi dari obat aborsi. Untuk itu disarankan Anda makan besar 3-4 jam sebelum tindakan aborsi. Tujuannya agar efek mual dan muntah tidak bertambah parah. Persiapkan juga musik atau film favorit Anda. Hindari musik melankolis atau yang sedih-sedih. Akan lebih baik jika Anda memutar film-film komedi untuk menghibur dan mengurangi rasa sakit. Perasaan sedih justru akan menghambat proses bahkan memicu stress. Ketika perempuan mengalami stress otot organ kewanitaannya akan menegang. Kondisi tersebut tentu menambah rasa sakit saat proses aborsi.

  • Prinsip Perform

Perform adalah bagian akhir dari persiapan sebelum aborsi yang harus Anda pertimbangkan. Intinya semua hal mengenai perencanaan yang harus dilakukan benar-benar sudah matang. Saatnya take action. Jalankan semua sesuai yang Anda rencanakan. Jangan ragu karena ini keputusan Anda dan ini hidup Anda.

Incoming search terms:

  • persiapan sebelum melakukan aborsi
  • persiapan aborsi
  • persiapan menggunakan cytotec
  • hal yang harus diperhatikan sebelum aborsi
  • Makanan yang penting sebelum aborsi
  • hal yang harus dilakukan sebelum aborsi
  • menggugurkan dengan obat apa saja yang perlu di siapkan
  • pantangan sebelum melakukan aborsi
  • yg harus di lakukan sebelum menggugurkan
  • persiapan menggugurkan kandungan
tags:

Artikel lain Persiapan Sebelum Aborsi